May 15, 2011

Powerfull Negotiation For Closing The Sale

POWERFULL NEGOTIATION  FOR
CLOSING THE SALE

WHAT IS SELLING ??
          Closing the deal is the highlight of the sales proses
          Selling is problem solving
          Selling is giving solution to customer’s problem


TUJUAN POWERFULL NEGOTIATION
          Membuat Calon Pembeli Segera Mengambil Keputusan Membeli
          Tahu Kapan Berhenti Bicara Dan Segera Minta Order Dan Menutup Transaksi Penjualan
          Fokus Pada Tujuan Untuk Menutup Transaksi Penjualan Lebih Cepat


A BUYING DECISION IS …
1. RASIONAL
          Faktor Pertimbangan
          Perencanaan & Kalkulasi Perhitungan
          Membandingkan Antar Produk 
                                                                                                      
2. EMOTIONAL
          Fanatisme
          Brand Minded
          Sudah Percaya & Yakin                                                                 
          Tanpa Pikir Panjang

                                                                                                            
NO’ DOESN’T MEAN ‘NO’
          If The Customer Is Unsure Of How He Feels, His Answer Is Usually “NO”
          So “NO” Does not Mean “NO”
            Sometimes, It Means “I AM NOT SURE”
            Then “MAKE THEM SURE”

  • Konsep   NO     à        MAYBE    à    YES
  • Jangan Paksa Customer,
                            Dari  ‘TIDAK’  Ke  ‘YA’
    Yakinkan Dulu Customer,
                            Dari  ‘TIDAK’  Ke  ‘MAYBE’
    Selanjutnya Lebih Mudah,
                            Dari  ‘MAYBE’ Ke  ‘YA’
                                                                                                                           
Handle The Objective
          Presentasi Produk Jelas
                        Detail Informasi Produk Tersaji
          Alat Pendukung Lengkap
                        Peraga Supaya Penjelasan Lebih Jelas
          Bukti Data Akurat
                        Kesaksian Dari User Existing
          Antisipasi Pertanyaan Customer
                        Kelemahan Kita Jadi Kelebihan Kita


BUYING SIGNALS-QUESTIONS
          Setiap Pertanyaan Dari Customer Merupakan ‘Buying Signal’
          Setiap Pertanyaan Harus Direspon Dengan Cepat Dan Baik
          Pertanyaan- Pertanyaan Customer,  Sales Menjawabnya Dengan Mengarahkan Jawaban Supaya Customer Membeli


BODY LANGUAGE
          Most People Can’t Keep A Secret
          They Can Keep It With Their Mouth, But Not With Their Eyes And Body                                                                                                                 
Setelah Kita Presentasi,
            Customer Terlihat Serius Berpikir, Membolak-balik proposal kita,
            Berarti “CUSTOMER BELUM MENGERTI, KURANG JELAS, DAN MASIH BINGGUNG”
            Perlahan Jelaskan & Terangkan Kembali
            Sopan Dekati, Dengan Nada Lembut Katakan
             “KENAPA TIDAK COBA PRODUK KAMI”
Setelah Kita Presentasi,
            Customer Terlihat Ragu-Ragu, Memainkan Rambut Atau Alat Tulis, Menggaruk Kepala
            Berarti “CUSTOMER SUDAH MENGERTI, NAMUN BELUM YAKIN
Maka Dekati Perlahan & Yakinkan Untuk Coba
Sopan Dekati, Dengan Nada Lembut Katakan
            “COBA PRODUK KITA”
Setelah Kita Presentasi,
            Customer Mengulang-ulang Pertanyaan,
            Berarti “SUDAH TERTARIK PRODUK KITA”
Setelah Kita Presentasi,
            Customer Menanyakan Detail Produk & Rincian Biaya
            Berarti “SUDAH SIAP BELI”
Setelah Kita Presentasi,
Customer Terlihat Senang & Tertarik
            Berarti “SEGERA MINTA ORDER”






No comments:

Post a Comment