Mar 15, 2011

Angela Merkel


Angela Merkel  seorang pelopor pemimpin  wanita pembuka sejarah baru Jerman setelah terpilih sebagai kanselir. Dan pers dunia menyoroti perundingan sengit selama berminggu-minggu antara Partai Uni Kristen Demokrat (Christian Democratic Union/CDU) dan Partai Sosial Demokratis (SPD), pasca-Pemilu parlemen, akhirnya mencapai titik temu. Sebuah kompromi politik dihasilkan oleh kedua pihak.

Parlemen Jerman yang didominasi oleh CDU memutuskan DR. Angela Merkel –pucuk pimpinan partai tersebut—dinobatkan sebagai Kanselir Jerman yang baru, menggantikan Gerhard Schröder, ketua SPD yang juga Kanselir terdahulu.

Di Jerman, sebutan untuk Kanselir Perempuan adalah Bundeskanzlerin, sedangkan istilah untuk Kanselir Pria adalah Bundeskanzler. Kanselir (Bundeskanzlerin/Bundeskanzler) sendiri bila diterjemahkan secara bebas berarti perdana menteri.

Jika di sejumlah negara Asia, kemunculan seorang perempuan sebagai orang nomor satu di negaranya bukan sesuatu yang baru, maka di Jerman tampilnya politikus perempuan bagaikan satu realitas yang agak ‘asing’, apalagi sampai menduduki ‘kursi singgasana’ kekuasaan eksekutif. Betapa tidak, dunia politik Jerman selama ini didominasi kaum pria.

Keputusan parlemen Jerman tak lepas dari hasil kompromi di antara petinggi kedua partai berkuasa itu. Sebagai kompensasi politik menyerahkan posisi Kanselir kepada CDU, SPD mendapatkan jatah 14 kursi menteri di kabinet baru, termasuk pos-pos penting seperti keuangan, luar negeri, dan tenaga kerja.

Dilihat dari gaya bicara dan gaya politiknya, Merkel cenderung berhaluan konservatif-liberal. Merkel diprediksi akan lebih pro-Washington dibandingkan Gerhard Schröder yang, sekadar satu  contoh, menentang aksi ofensif AS atas Irak.

Sebagai pemimpin, Merkel adalah wanita pemimpin yang memiliki berbagai kelebihan di beberapa bidang. Kelebihan apa yang dimiliki Merkel sehingga ia menjadi seorang pemimpin yang sangat disegani.Angela Merker, pemimpin yang transformasional antara lain adalah pemimpin yang berorientasi pada pendukung, prinsip, dan perubahan.

Penjelasan dari tipe kepemimpinan transformasional sebagai berikut :
  •  Berorientasi Pada Prinsip
     Banyak tokoh tokoh maupun masyarakat yang mengatakan bahwa Merkel adalah orang yangsangat hati-hati dalam bertindak maupun dalam mengambil keputusan. Hal ini karena Merkel adalah pemimpin yang sangat memegang prinsip yang telah ia perjuangkan. Salah satu ciri pemimpin transformasional adalah berorientasi pada prinsip, artinya dalam bertindak dan mengambil keputusan terutama karena didorong oleh prinsip yang diperjuangkan, bukannya oleh kekuasaan yang diraih. Mereka menunjukkan semangat yang tinggi dalam mempertahankan dan memperjuangkan prinsip yang mereka pegang. Dan salah satu cirri tersebut dipunyai oleh Angela Merkel.Berorientasi pada prinsip adalah pemimpin yang memiliki daya tahan yang lebih lama dan toleransi yang lebih tinggi atas krisis dan masalah yang mungkin harus mereka hadapi dalam menjalankan tugas mereka. Beberapa contoh selain Angela Melker diantaranya adalah IbuTeresa, pejuang hak-hak kaum papa, dan Benazir Bhutto, pemimpin dari Pakistan menunjukkan semangat tinggi dan ketahanan yang kuat terhadap masalah dan tekanan karena tindakan mereka didorong oleh prinsip yang mereka perjuangkan. Margaret Thatcher dari Inggris juga sependapat.Mantan Perdana Menteri Inggris ini mengatakan bahwa untuk memenangkan sebuah perjuangan,seringkali kita harus bertarung lebih dari satu kali. Dalam memperjuangkan prinsip mereka masing-masing, keempat wanita pemimpin ini banyak mendapat hambatan dan masalah. penyakit, penolakan, cercaan, kegagalan, dan tekanan dari pihak oposisi tidak memupuskan mereka

  • Berorientasi Pada Perubahan
    Banyak artikel yang dimuat majalah terkemuka dan Koran terkenal terbitan Jerman menyebutkan bahwa kepemimpinan Merkel diarahkan pada perubahan. Tekanan sosial, budaya, dan ekonomi mendorongnya telah untuk menunjukkan prestasi dua kali lebih besar dari pada para teman teman sejawatnya yang mayoritas pria. Hal ini ia lakukan untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar. Terbukti saat ia berusaha disingkirkan lewat maneuver-manuver politik lawan politiknya kala itu. Namun dengan perubahan yang ia lakukan di negaranya, ia mampu membawa Jerman menjadi Negara yang sangat disegani. Ia juga seringkali  mempersembahkan prestasi luar biasa seperti penghargaan yang diberikan oleh Presiden Barack Obama kepadanya beberapa hari yang lalu berupa Medali Kebebasan. Merkel juga memberikan kontribusi dansolusi yang luar biasa, yaitu yang membawa ´perubahan´ signifikan bagi lingkungan. Peraturan yang ia buat untuk melarang merusak hutan bagi masyarakat yang dulunya wilayah JermanTimur. Kemudian menyulap wilayah tersebut menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang sangat indah. Merkel memotivasi para pendukung dan orang-orang di sekitarnya juga untuk bersama-sama menciptakan perubahan bagi lingkungan tempat mereka berkarya. Ia memotivasi para pendukung untuk senantiasa mencari alternatif dan ide-ide segar yang inovatif.Merkel memuja dan sangat mengidolakan Mary Eugenia Charles dari Republik Dominika yang menduduki posisi Perdana Menteri tidak lama setelah negaranya mendapat kemerdekaan dariInggris tahun 1978 yang melakukan banyak perubahan, terutama di bidang ekonomi(memperbaiki ekonomi yang terpuruk selama masa prakemerdekaan) selama tiga periode kepemimpinannya. Mary Robinson dari Irlandia juga banyak membawa perubahan di berbagai bidang (hukum, politik, dan ekonomi) di negaranya.
     
  • Berorientasi Pada Pendukung
    Merkel adalah wanita pemimpin yang lebih berorientasi pada pendukung. Ia adalah wanita pemimpin yang memberdayakan para pendukung dengan memberi kesempatan kepada orang-orang yang ia pimpin untuk menyatakan pendapat dan memberi masukan. Ia juga melakukan berbagai upaya untuk pengembangan diri. Selain memberdayakan pengikutnya, Merkel dalam bertindak lebih banyak yang bertindak sebagai mentor daripada sebagai ´bos´. Ia memberi  petunjuk dan bimbingan yang diperlukan kepada para pendukung untuk melakukan pekerjaan yang ditugaskan. Selain bertindak sebagai mentor, Merkel juga cenderung untuk memimpin dengan memberi teladan kepemimpinan pada para pendukunng melalui sikap dan tindakannya.Merkel sangat disiplin dan hal ini diterapkan dan dicontohkan kepada bawahan-bawahannya 
     


1 comment: